Pages

Jumat, 21 Februari 2014

A.Fuadi Menginspirasi Kaum Muda Lewat Buku “531”


A.Fuadi Menginspirasi Kaum Muda Lewat Buku “531”
Kali ini admin akan menceritakan sedikit synopsis dari buku karya A.Fuadi yang sungguh luwar biasa. Pasti kalian bertanya kok A.fuadi bukunya “531” ???buku apa itu?? Tenang teman 531 itu sengaja aku singkat hee “531” dari 3 seri buku A.Fuadi yang berjudul Negeri 5 Menara, Ranah 3 Warna dan yang satu lagi Rantau 1 Muara jadi aku singkat saja “531”.
Ngomong-ngomong soal buku A.fuadi itu menurut saya sangat luar biasa menginspirasi, dia mampu menuliskan cerita yang membawa saya ikut berperan di buku A.Fuadi baik yang Negeri 5 Menara,Ranah 3 Warna,atau Rantau 1 Muara.
Kata-kata di buku A.Fuadi sangat terniang-niang di fikiran saya, perjalanan hidupnya,mimpi-mimpi besarnya serta perjuangan dia meraih mimpi besarnya sangatlah luar biasa. Dari pada penasan so langsung saja saya bersinopsiskan dengan bahasa saya sendri .
Negeri 5 Menara “Man Jadda Wajada
Judul              : Negeri 5 Menara
Karya               : A.Fuadi
Halaman         : 421
Penerbit          : Gramedia Pustaka
Tahun Terbit :2009

 

Negeri 5 Menara
Menara 5 Negara.jpg
Penulis Ahmad Fuadi
Ilustrator Doddy R. Nasution
Seniman sampul Slamet Mangindaan
Negara Indonesia
Bahasa Bahasa Indonesia, Bahasa Melayu
Genre Edukasi, Religi, Roman
Penerbit Gramedia (Jakarta)
Tanggal terbit Juli 2009
Halaman 416
ISBN 978-979-22-4861-6
 Cerita :
          Novel ini mencerita masa remaja anak yang bernama Alif Fikri. Awal ceritanya Alif Fikri adalah siswa berprestasi dari Mts di Maninjau Bukuttinggi yang berhasil masuk 10 besar penerima nun terbaik. Dengan prestasinya itu dia berkeinginan melanjutkan sekolah di SMA Negri favorit di Maninjau bersama sahabatnya Randai. Alif Fikri tak ingin melanjutkan di sekolah Agama lagi dia ingin melanjutkan sekolahnya di sekolah umum guna untuk mencapai cita-citanya berkuliah di ITB jurusan Teknik Penerbangan abisi ingin sekolah di ITB dikarenakan Alif Fikri ingin seperti B.J Habibie, tapi dengan alasan  keterbatasan biaya ditambah ibunya yang menginginkan Alif jadi penerus Buya Hamka yang berguna bagi agama, membuat mimpi Alif kandas. Ibunya Alif atau biasa di sebut Amak menginginkan anak lalki-laki satu-satunya itu melanjutkan sekolah ke sekolah agama atau di pondok pesantren. Permintaan Amak yang sangat besebrangan dengan mimpi Alif sempat membuatnya marah dan mengurung diri di kamar selama 3 hari, tetapi setelah menerima surat dari pamanya dari Mesir yang menceritakan temannya yang lulusan dari pondok Madani mahir berbahasa Arab dan bahasa Inggris, dari cerita pamannya Alif mulai tertarik untuk ke pondok Madani, dan akhirnya Alif memutuskan untuk meneruskan pendidikannya ke Pondok Madani walau setengah hati. Akhirnya pada suatu hari Alif di antar oleh Ayahnya untuk mendaftar dan mengikuti tes di Pondok Madani, perantauan alif pun di mulai di Ponorogo, Jawa Timur. Di PM ia bertemu dnegan Raja dari Medan seorang orator yang hebat, Said Dari Surabaya. Ia sangat terobsesi dengan bodybuilding dan mengidolakan Arnold Schwarznegger. Dulmajid  dari Sumenep, Madura, Seorang pemain bulutangkis,Atang Dari Bandung, Seorang yang mencintai seni dan teater.Baso dari Gowa, Sulawesi. Terkenal karena memori fotografis dan Bahasa Arab yang fasih.
Di Pondok PM pun mereka berlima berjuang bersama samapai pada suatu hari hukuman saling jewer akibat terlambat berangkat ke Masjid, membuat Alif semakin dekat dengan Baso, Atang, Said, Raja dan Dulmadjid. Kemudian  pada suatu hari mereka sepakat untuk mencari tempat khusus untuk belajar, berdikusi, dan menceritakan mimpi-mimpi mereka, akhirnya dengan inisiatif dari Said mereka memutuskan tempat berkumpul mereka adalah di bawah menara di depan masjid, karena seringnya mereka berkumpul disitu akhirnya mereka mendapat julukan shahibul menara oleh teman-temannya. Dan di bawah menara ini mereka saling bercerita mimpi-mimpinya seperti Alif “yang ingin pergi ke benua Eropa tepatnya Amerika Serikat” serta banyak mimpi-mimpi teman-temanya yang ingin pergi ke luar negeri, mereka selalu bermimpi walau mereka tak tau bagaimana merealisasikannya. Dan novel ini kemudian bercerita tentang suka-duka kehidupan mereka di dalam pesantren sambil menceritakan mimpi mereka .
Cerita persahabatan yang sangat erat antara mereka berlima juga semakin manis ketika hadinya tokoh Sarah perempuan idaman para warga PM. Sarah yaitu anak dari salah satu kiyai PM. Selain itu peraturan sangat ketat membuat lima sahabat ini semakin solid dengan kekuatan yang di anut mereka berlima dari kata mutiara bahasa arab “Man Jadda Wajada” yang di ajarkan di PM yang sangat menginspirasi kita bahwa siapapun yang bersungguh-sungguh maka ia akan berhasil.
Inti dari pesan yang diambil dari novel in I adalah tentang mengejar mimpi. Jangan remehkan mimpi walau sekecil apapun karna mimpi akan menjadi nyata dikala kita terus bertawakal dan berikhtiar kepada Allah. Dengan  mantra Man Jadda Wajada tidak ada mimpi yang tidak bias direalisasikan karena Tuhan sungguh Maha Melihat dan Mendengar.
Komentar:
            Buku ini sangat menginspiratif tiap pembacanya karena menggunakan unsur ekstrinsik dengan latar agama yang kental, menggiring para pembacanya untuk sedikit-sedikit mengetahui bahasa arab. Juga pepatah arab yang sering kita dengar juga direalisasikan oleh penulis. Gaya bahasa yang digunakan juga sederhana sehingga memudahkan pembaca menangkap maksut pengarang . dan lagi- lagi novel inspiratif ini membuat  para pemimpi untuk terus bermimpi dan berjuang untuk mewujudkan mimpi-mimpi itu karena siapaun yang bersungguh-sungguh pasti berhasil dan siapaun yang bersabar akan beruntung. Dan Admin juga sangat terinspirasi dengan novel ini maka admin sarankan yang belum baca cepet baca!!!
Selanjutnya admin mau ngepos sinopsis Ranah 3 warna tunnggu aja....





















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Sample text

Tak perlu pisau tajam untuk memotong kayu yang kita butuhkan adalah usaha,upaya dan kerja keras kita untuk memotong kayu sekali pun dengan "Pisau Tumpul"

Followers

Social Icons

 

Sample text

Sample Text

Sample Text

 
Blogger Templates